Training For Trainer, PKS Jember Tingkatkan Kualitas Kader

Share :
Ketua Bidang Kaderisasi DPD PKS Jember, Mohamad Sodiq menyimak presentasi salah seorang kader pada pelatihan Peningkatan Kapasitas kader, sabtu 27 november 2021

JEMBER – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kabupaten Jember sangat memperdulikan kualitas kadernya.┬áHal ini diwujudkan dengan pembinaan kepada kadernya untuk semakin meningkatkan wawasannya. Salah satu kegiatannya adalah Training For Trainer.

Ketua Bidang Kaderisasi DPD PKS Jember, Mohammad Sodiq mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari program pembinaan kader. Sebagaimana diketahui, PKS merupakan partai kader. Oleh karena itu pelatihan seperti ini perlu disampaikan kepada masyarakat.

“Agar masyarakat tahu bahwa PKS tidak hanya mengurusi masalah pemenangan pemilu dan kegiatan sosial. Tapi PKS juga peduli terhadap kualitas kader,” katanya disela-sela berlangsungnya pelatihan, sabtu 27 november 2021.

Menurutnya, pembinaan ini merupakan hak anggota partai agar wawasannya terus meningkat. Tidak hanya peningkatan pengetahuan atau wawasan tentang keagamaan, namun juga wawasan kebangsaan, kepartaian, kemasyarakatan dan juga kepemimpinan serta kewirausahaan. “Ini adalah bagian dari hak anggota ketika masuk atau bergabung dengan PKS,” lanjutnya.

Sodiq memaparkan bahwa PKS bukan partai yang hanya sekedar berbicara masalah kekuasaan. PKS juga merupakan tempat untuk pembelajaran politik, terutama bagi kader dan anggotanya. “PKS memiliki beberapa bidang yang bersentuhan secara langsung dengan masyarakat. Sehingga ketika kader PKS memberikan pemahaman kepada masyarakat, kader bisa menjelaskan secara komperehensif,” katanya.

Pembinaan ini tentunya lakukan secara berkala dan bertahap, agar anggota partai mendapatkan wawasan yang utuh tentang partai, keagamaan, kebangsaan dan kepemimpinan, maupun tentang kewirausahaan. “Karena tidak mungkin dalam membina anggota dilakukan hanya sekali, nanti anggota malah tidak maksimal menyerap apa yang disampaikan, jadi harus berkala,” pungkasnya.[humas]